Spatialite Sebagai Alternatif Personal/File Geodatabase

Spatialite adalah sebuah ekstensi dari SQLite DBMS yang memungkinkan database SQLite menyimpan dan mengelola data spasial (Database spasial). Berbeda dengan PostGRE SQL/POSTGIS, SQLLite/Spatialite tidak dikembangkan dalam arsitektur Client-Server Database. Jadi file database bersifat kompak seperti database Microsoft Access (mdb) atau ESRI File Geodatabase (gdb). 

Database ini cukup ringan dan sangat optimal untuk penyimpanan dan diseminasi data spasial yang ukurannya tidak terlalu besar, dan bisa menjadi alternatif untuk ESRI personal/file geodatabase, walaupun fitur yang ada tidak selengkap geodatabase. 

Beberapa client software yang sudah mendukung SQLite/Spatialite antara lain QuantumGIS, dan MAPNIK. 

Versi GUI dari Spatialite dapat diunduh dari alamat ini. Aplikasi ini dapat mengimport data Shapefile (shp) untuk dimasukkan ke dalam database SQlite, yang nanti dapat dipanggil dalam client software seperti Quantum GIS desktop dan Quantum GIS Client, atau dihosting online sebagai WMS menggunakan Quantum GIS Server. 



Contoh koneksi dan pemanggilan data lewat Quantum GIS Desktop



Silahkan dicoba

*note : ketika meng-import shapefile, spatialite akan meminta parameter SRID, SRID adalah kode epsg dari sistem koordinat data anda. Jika SRID salah, proses import akan gagal. 


Spatialite GUI juga telah dikembangkan sebagai plugin di dalam Quantum GIS, sehingga proses import dan export data menjadi lebih mudah.

untuk menggunakannya langkah - langkahnya adalah sebagai berikut (komputer harus tersambung internet):

1. Buka Quantum GIS, kemudian dari menu Plugins pilih Fetch Phyton Plugin
2. QGIS akan mendownload repository terbaru dari Server QGIS, cari dan pilih QSpatialite Plugins, lalu klik install
3. Selesai. Plugins dapat diakses dari Menu Database>Spatialite.




UPDATE 23 Maret 2016

Saya membuat video tutorial di youtube untuk membuat spatialite database. Well sejak versi 2.0 implementasi spatialite di QGIS sudah banyak berubah, spatialite sekarang telah menjadi bagian integral dari format data yang didukung QGIS. 

 

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)