instalasi dan konfigurasi LizMap Web Client di Windows 7

Lizmap adalah sebuah web client yang didedikasikan untuk menampilkan peta yang dibuat menggunakan Quantum GIS via Website, selain Quantum GIS Web Client yang merupakan webclient resmi dari Quantum GIS.

Kelebihan Lizmap yang utama antara lain , kemampuan untuk mengelola banyak  proyek peta dalam satu atau lebih repository.  repository ini bisa diatur hak akses-nya melalui sebuah aplikasi backend Administrator (pendekatan Content Management System). Lizmap dikembangkan menggunakan standar HTML/CSS/PHP yang fungsionalitasnya bisa diperluas dari kondisi default. Lizmap juga mendukung caching sehingga proses penampilan peta dapat lebih cepat.

Lebih lanjut tentang Lizmap beserta demo web-nya dapat dilihat di alamat ini.

Berikut akan saya share urutan langkah instalasi dan konfigurasi Lizmap di Windows 7.

1. Unduh OSGeo Web Installer (lihat postingan ini untuk cara mengunduh dan menggunakan OSGeo Web Installer).

2. Install QGIS full, QGIS Server dan FCGI, untuk lebih detilnya silahkan lihat postingan blog ini (gunakan google translate di google chrome untuk mentranslasikan bahasa).

3. Install juga LizMap Web Client dari link di langkah 2.

4. Untuk konfigurasi repository dan percobaan pembuatan peta dengan demo data dari Lizmap, lihat link ini.

5. Untuk membuat peta kita sendiri, yang pertama kita memerlukan quantum gis desktop dan Lizmap plugins, install Lizmap plugins di quantum gis desktop dari menu Plugins>fetch phyton plugins, cari Lizmap plugins, kemudian install. Lizmap plugins dapat diakses dari Menu Web>Lizmap.

6. Buat peta di QGIS desktop, kemudian simpan file projectnya (ekstensi qgs) beserta datanya dalam sebuah folder. Jika di webGIS nanti direncanakan akan menggunakan baselayer dari Google atau OSM, maka di menu Project Settings (Menu Settings>Project Properties) harus diaktifkan On the fly projection (lihat gambar di bawah).


Setelah itu di Tab OWS Server juga perlu diaktifkan Coordinate system restriction, dan masukkan Kode EPSG dari proyeksi Google Mercator (EPSG:900913) yang digunakan Google maps sebagai salah satu input (lihat gambar di bawah). 



7. Simpan Project, kemudian buka Lizmap Plugins (Menu Web>Lizmap). Menu yang pertama muncul adalah menu layer. Disini diatur bagaimana layer ditampilkan, mana layer yang akan dijadikan sebagai base layer, mana yang akan mendukung caching, keluaran format, skema tiling dan lain - lain.


Tab Map berisi tentang seting peta dalam web map nanti, ada berapa zooming level, berapa skala minimum dan maksimum, apakah akan menggunakan google dan OSM services sebagai base layer atau tidak, dan lain - lain. 

Tab FTP merupakan seting untuk FTP, jika anda menginginkan data yang ada di repository dapat diunduh via FTP maka, konfigurasikan parameter FTP ini, meliputi URL server, user dan password, remote directory, local directory, dan path ke aplikasi winscp. Contoh seting seperti gambar di bawah. 


8. Setelah selesai, klik Save and Synchronize, di dalam folder project akan bertambah satu file dengan ekstensi cfg. 

9. Copy folder project (termasuk data dan file cfg ke lokasi folder default repository dari Lizmap (C:\OSGeo4W\apache\htdocs\lizmap-web-client\2.2.0\lizmap\install). 

10. Buat repository dan map project baru mengikuti langkah2 pada link di Point 4. 

Contoh hasil seperti gambar di bawah ini.  



Semoga bermanfaat :D

Comments

  1. ikuti langkah di link ini http://hub.qgis.org/wiki/lizmapwebclient/Installation_en di bagian "configuring your repositories" untuk pembuatan project wms

    ReplyDelete
  2. thanks sharingnya gan...
    saya mau nanya nih gan, kenapa ya, kok saya ga bisa login ke admin lizmapnya??
    padahal saya sudah masukkin user dan passwordnya dengan benar (admin/admin)...
    mohon pencerahannya gan...
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. sebenarnya ada satu file config yang merekap nama user dan password yang itu bisa diganti, tapi saya lupa yang mana, mohon maaf belum bisa bantu karena sudah cukup lama juga nggak megang lizmap hehe

    ReplyDelete
  4. Hi Bramantiyo Marjuki,

    We are working to finalize a new LizMap-Web-Client release.
    We would like to integrate new localization.

    Could you translate LizMap-Web-Client ?

    ReplyDelete
  5. oh yes Rene, I would like to help, but I dont know much about desktop apps and web apps programming, does programming/code writing is pretty much needed?, I just know basic HTML,CSS, and XML based apps creation,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)