Data Batimetri Resolusi Menengah GEBCO (1 km)

The General Bathymetric Chart of the Oceans (GEBCO) bathymetry data merupakan salah satu jenis data batimetri global yang dikembangkan oleh GEBCO. Data batimetri ini merupakan salah satu data batimetri dengan resolusi terbaik (30 arc second, atau 1 kilometer di ekuator) yang tersedia secara bebas unduh untuk seluruh samudera dan lautan di bumi. Data batimetri GEBCO didistribusikan dalam format netCDF dan mrSID. Walaupun format netCDF sudah didukung oleh software komersial seperti ArcGIS dan lain - lain. Proses importnya biasanya tidak mudah karena harus memasukkan header data secara manual. Agar dapat diimport dengan mudah, kita memerlukan software NetCDF yang dikembangkan oleh GEBCO sendiri, yang dapat diunduh di sini

Software GMT GEBCO tidak dapat langsung dieksekusi jika tidak ada data batimetri GEBCO global yang diletakkan di folder yang sama dengan folder aplikasi, oleh karena itu data batimetri GEBCO harus diunduh dulu dari link ini. Anda harus melakukan registrasi akun agar dapat mengunduh data dan software yang diperlukan. Untuk data resolusi 1 km ukurannya bisa mencapai 1 GB dan servernya tidak mendukung resume download, oleh karena itu pastikan koneksi anda memenuhi syarat untuk mendownload data tersebut. 

Setelah data didownload, masukkan ke dalam folder aplikasi GMT GEBCO, kemudian eksekusi GridViewer.exe. Software akan meminta bagian wilayah mana yang akan ditampilkan, pilih menggunakan map search seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.


Lalu software akan memunculkan Peta batimetri global, Zoom ke area yang anda kehendaki. lalu klik OK. 


Setelah itu Software akan menampilkan data yang dikehendaki, seperti gambar dibawah.


Agar data batimetri format netCDF ini dapat dibuka di ArcGIS, kita harus mengeksportnya ke dalam format ASCII Grid (ASC), dari menu utama Grid Viewer klik File>Export>Grid Data, lalu pilih ASCII ESRI Format. 

 

Hasil konversi adalah file dengan ekstensi ASC. Data ASC ini dapat dibuka langsung di ArcGIS atau bisa diimport dulu (agar proyeksinya bisa ditransformasi nantinya) menggunakan ArcToolbox>Conversion Tools>To Raster>ASCII to Raster. Kemudian tentukan lokasi keluaran beserta formatnya (img atau tiff). lalu pilih pixel typenya (bisa integer,bisa float). 










Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)