Mengekstrak data vektor GIS dari google maps menggunakan ArcScan


Sebenarnya ini tidak dibenarkan, tapi barangkali dapat bermanfaat dalam kondisi sangat terpaksa, dimana tidak ada peta dasar yang layak untuk wilayah kajian, tidak ada data free (misalnya open street map) di area kajian, dan tidak ada dana untuk pengadaan peta dasar (permasalahan klasik di Indonesia). Selain itu, ini sebenarnya juga (mungkin) melanggar Term Of Service/Use dari Google Map, dan juga melanggar UU No 4 Tahun 2011 dan PP turunannya terkait penggunaan peta dasar.

Trik ini menggunakan ArcScan, sebuah ekstensi untuk konversi raster data ke vektor data di ArcGIS.

Berikut ini step-nya

1. Download Data raster google maps wilayah kajian yang sudah tergeoreferensi/mempunyai world file/projection file (tfw,jgw,bmpw,pgw,prj). Silahkan cari tahu caranya di internet.

2. Buka data raster google maps di ArcMap secara terpisah per band (rgb)-nya.



3. Perhatikan baik - baik kenampakan yang akan ekstrak pada masing-masing band, pastikan nilai pikselnya berbeda dengan obyek lain. Hal ini penting agar nanti proses editing hasil ekstraksinya tidak terlalu kompleks. Untuk Contoh saya akan mengekstraksi data jalan, dan band yang paling bisa membedakan informasi jalan dari raster Google Map adalah band 1


4. Atur di symbology agar data raster google maps hanya menampilkan obyek yang akan diekstrak, selebihnya menjadi background (dua nilai kecerahan). Anda dapat menggunakan mode symbology Classified atau Unique Values




5. Aktifkan ArcScan

6. Bikin Data spasial baru (feature class/shapefile). Data bisa polyline atau polygon, tergantung obyek yang akan diekstrak. 

7. Start Editing data spasial/layer tersebut.  

8. Di menu ArcScan, klik Menu Vectorization kemudian Generate Features. Atur parameter yang diinginkan, klik OK. Proses auto vectorization akan berjalan. 


9.  Hasil vectorization ditampilkan di ArcMap, biasanya ada kenampakan tambahan yang ikut tervektorisasi, lakukan editing lebih lanjut untuk menghapus features yang tidak diinginkan. 




Semoga Bermanfaat. 



Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

Split By Attributes di ArcGIS