Download Data Landsat 5 TM, Landsat 7 ETM+, Landsat 8 OLI/TIRS dari Data Catalogue LAPAN

Bagi para penggiat, praktisi, pengguna, akademisi dan peneliti yang berkecimpung di dunia penginderaan jauh, dan geosciences pada umumnya, ada kabar baik. Saat ini LAPAN sebagai instansi pembina penginderaan jauh di Indonesia telah menyediakan data Landsat 5 sampai 8 yang mencakup seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat diunduh secara cuma - cuma. Portal tersebut dapat diakses dari alamat web INI. Data yang tersedia disana sejauh yang sudah saya cek berisi data Landsat 5 TM, Landsat 7 ETM+ dan satelit Landsat generasi terbaru yang diluncurkan tahun lalu yaitu Landsat 8 OLI/TIRS. Data yang tersedia berkisar dari perekaman tahun 2009 sampai perekaman terbaru 2014. Adanya portal data spasial ini tentunya dapat menambah sumber layanan data Landsat yang sebelumnya hanya tersedia dari GLCF, EarthExplorer, dan Glovis

Sebenarnya saya sudah tahu keberadaan portal ini sejak desember 2013 dimana pada saat itu portal ini sudah dipresentasikan oleh Ibu Dwikorita dari LAPAN pada acara Serah terima Data Penginderaan Jauh resolusi tinggi untuk K/L/I di Indonesia, namun pas saya coba proses query-nya berjalan lambat dan tidak memunculkan data apapun. Sehingga saya berpikir mungkin portal ini masih dikembangkan. Baru pada minggu ini saya cek lagi query dan download data sudah berjalan lancar sehingga saya rasa perlu untuk di-share dan dimanfaatkan sebaik - baiknya oleh masyarakat Indonesia. 

Salah satu hal menarik dari data Landsat yang disediakan oleh LAPAN adalah ketersediaan data Landsat format RCC (Raw Computer Compatible) dan format MD. Format RCC sejauh yang saya dapat infonya dari situs INI, merupakan format Raw data Landsat yang diunduh dari satelit langsung. Karakteristik format RCC ini antara lain selain belum dikoreksi radiometrik dan geometrik, adalah datanya masih belum di-clip atau dipisah berdasarkan Path dan Row. Jadi masih berupa strip image yang panjang (lihat gambar di bawah). Sehingga tentunya data ini akan menguntungkan karena kita bisa mendapat data dalam wilayah yang luas dan seamless (tidak harus memosaik citra dari path/row berbeda) dan bisa meminimalisir perubahan kualitas radiometrik sebagai akibat proses mosaicking. Untuk software yang dapat membaca format RCC sejauh ini saya belum tahu (dan akan segera mencari tahu) dan untuk format MD saya belum tahu banyak mengenai karakteristiknya. Mungkin yang tahu bisa beropini di kolom komen :D



Demikian, semoga bermanfaat :D

Comments

  1. sama2 mbak amel, cuma downloadnya perlu perjuangan itu mbak karena filenya besar2 dan server FTP nya masih belum support resume download

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)