ALOS GLOBAL DEM 30 Meter Going Free of Charge

Setelah ASTER GDEM dan SRTM, Data DEM (lebih tepatnya DSM) dari satelit ALOS telah direlease secara free of charge oleh JAXA dengan nama ALOS World 3D30 Dataset. Data ini diturunkan dari perekaman stereo satelit ALOS PRISM dengan resolusi 2.5 meter yang menghasilkan DSM dengan resolusi 5 meter. Data ini kemudian di-resample menjadi resolusi 30 meter dan dilepas ke publik secara cuma-cuma. Untuk proses resamplingnya sendiri ada dua metode, yaitu menggunakan filter Average dan filter Median dan kedua hasil resampling diberikan dalam satu paket data download.

Biarpun coverage-nya masih belum lengkap (banyak area void/blank yang disebabkan tutupan awan), tampaknya sejauh ini data ini merupakan data topografi paling detil untuk resolusi 30 meter. Secara visual kedetilannya bahkan mengalahkan ASTER GDEM dan SRTM. Contohnya dapat dilihat di gambar di bawah ini dimana saya mengambil contoh tampilan pesisir utara Pulau Bali.




Data dapat di download dari situs di bawah ini tapi harus registrasi email dulu, nanti akan dikirimi user id dan password

http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/aw3d30/index.htm

way to go ALOS!!!

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)