Gap Fill Citra Landsat ETM SLC OFF

Citra landsat 7 ETM+ mengalami kerusakan Scan Line Corrector pada tahun 2003 yang menyebabkan hasil perekaman citranya tidak sempurna (Striping). Berbagai metode telah dikembangkan untuk memperbaiki kesalahan ini, seperti mulai dari interpolasi piksel tetangga, pengisian data dari perekaman tanggal yang lain dan teknik lainnya. Namun hasil yang diperoleh tidak selalu baik, mengingat karakteristik radiometrik tiap waktu perekaman biasanya berbeda (sistem penginderaan jauh tidak ideal).

Pengisian gap pada dasarnya dapat dilakukan di software apapun yang sudah mendukung map algebra fungsi conditional (IF THEN ELSE) atau mosaicking (contoh cara pengisian gap dengan metode mosaik di ENVI dapat dilihat di link INI), namun demikian ada beberapa tools otomatis yang dikembangkan untuk mempermudah proses gap filling.

Sejauh yang berhasil saya telusuri, tools yang telah dikembangkan untuk melakukan koreksi gap fill antara lain, yang pertama adalah Software Landsat Gapfill yang dikembangkan USGS. Software ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman IDL yang digunakan oleh software ENVI. Tutorial pengoperasian software ini dapat dilihat dari link INI.

Cara kedua mengunakan software ArcGIS. Terdapat sebuah toolbox Landsat Gap Fill yang telah beredar di internet, Cara penggunannya seperti tool geoprocessing yang lain di ArcGIS, masukkan input, tentukan parameter yang diinginkan, kemudian tentukan output.

Cara ketiga adalah menggunakan ekstensi Gap Fill correction di ENVI. Keterangan lebih lengkap dari plugin ini dapat dilihat di link INI. Tools ini menurut saya merupakan tools terbaik, karena mendukung tiga cara gap fill, yaitu 1. Interpolasi piksel tetangga. 2 Gap fill dari citra lain dengan tambahan proses histogram matching mode global, dan 3 Gap fill dari citra lain dengan tambahan proses histogram matching mode local.

Pada dasarnya untuk hasil gap fill terbaik yang paling penting adalah bukan tools yang dipakai, namun kesesuaian karakteristik radiometrik antara citra pengisi dan yang akan diisi. Beberapa tools menyediakan fungsi histogram matching (global/local), namun untuk hasil terbaik tetap sebisa mungkin karakteristik radiometrik dipilih yang relatif mirip.

Ketiga tools yang saya sebutkan di atas dapat diunduh dari link INI. Untuk arcgis toolbox di file berekstensi tbx dan ENVI extension berekstensi SAV.

Note : untuk instalasi ekstensi Landsat Gap Fill di ENVI versi 5.0 ke atas, caranya
1.  Copy file SAV ke folder C:\Program Files\Exelis\ENVI50\classic\save_add .
2.  Buka file ENVI.CFG di C:\Program Files\Exelis\ENVI50\classic\menu menggunakan notepad.
3.  Masukkan alamat direktori C:\Program Files\Exelis\ENVI50\classic\save_add di parameter default save_add directory

Comments

  1. terimakasih sharing pengetahuannya mas. :D

    ReplyDelete
  2. thanks mas...bermanfaat betull.. :D

    ReplyDelete
  3. https://docs.google.com/file/d/0B3e_wo8OTO47b3c4ZHNyV0NmUkk/edit?pli=1 alternative link untuk landsat gapfill ENVI extension

    ReplyDelete
  4. kalau untuk mendapatkan ENVI.CFG di situs apa ya pak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. ada di C:\Program Files\Exelis\ENVI50\classic\menu mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

Split By Attributes di ArcGIS