Menjadikan Open Street Map (routing enabled) sebagai Peta Dasar Di Garmin GNSS Receiver

Survei atau kegiatan outdoor lain yang menggunakan Receiver Garmin (tipe navigasi) di Indonesia biasanya menggunakan peta dari navigasi.net sebagai peta panduan/peta dasar, selain peta default yang disediakan oleh garmin di receiver GPS buatannya. Selain itu, beberapa receiver keluaran terakhir (oregon,montana dll) juga mendukung custom maps dalam format kmz, sehingga kita bisa menampilkan peta buatan sendiri atau bahkan citra satelit sebagai peta panduan/peta dasar dalam kegiatan survei. Dalam postingan ini saya akan membahas tentang Open Street Map yang ternyata bisa digunakan sebagai peta dasar dengan tampilan dan fungsionalitas seperti peta yang disediakan navigasi.net atau peta dari garmin sendiri. Sebagaimana diketahui, peta dari navigasi.net atau dari garmin menggunakan format vektor khusus dengan ekstensi IMG. Peta ini mempunyau fungsionalitas POI (point of interest) browsing dan routing sehingga dapat dimaksimalkan dalam kegiatan survei/outdoor. Hal ini berbeda dengan custom maps, karena custom maps menggunakan format raster (kmz), sehingga selain loadingnya lama (apalagi jika filenya besar), gambarnya pecah ketika di zoom, juga tidak mempunyai fungsi network analysis/routing/POI browsing. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs INI. situs tersebut memberikan layanan download open street map data dalam format garmin IMG.


2. Pilih layanan peta routable bicycle untuk layanan peta yang mendukung routing.


3. Centang manual tile selection, kemudian pilih tile OSM yang mencakup wilayah yang anda inginkan


4. Masukkan email anda, kemudian klik build my map. Anda akan dikirimi dua email, yang pertama adalah konfirmasi request anda, dan yang kedua adalah link download file.


5. Setelah membuka link download, akan muncul halaman web yang menyediakan peta yang anda request dalam format terkompresi zip beserta tools yang digunakan untuk menginstall peta sesuai dengan OS anda. Download hanya file zip yang mempunyai nama "gmapsupp.zip"


6. Step berikutnya adalah koneksikan receiver garmin anda ke PC, kemudian copykan file gmapsupp.img ke folder garmin di memory internal GPS atau ke SD Card (untuk receiver yang mendukung SD Card storage).



7. Nyalakan GPS anda (Contoh menggunakan Garmin Oregon 550), kemudian masuk ke menu settings>map information, receiver akan mengindentifikasi file peta yang anda copykan, kemudian klik enable.




8. Setelah di-enable, peta akan tampil secara otomatis di Menu Map.



9. Selain menampilkan peta, receiver juga akan men-scanning POI dan informasi jalan yang disimpan di file IMG,sehingga dapat digunakan navigasi atau survei, sebagaimana produk yang dihasilkan dari garnin sendiri.



NOTE!!!!!!

Tutorial diatas dibuat menggunakan GPS Garmin Oregon 550, untuk unit lain mungkin ada langkah yang berbeda, terutama untuk treatment file peta vektor *.img. Dari Percobaan yang saya lakukan dengan receiver Colorado 300, ternyata file IMG yang didownload tidak langsung bisa diidentifikasi oleh receiver. Untuk kasus colorado, peta IMG hanya bisa diidentifikasi dan ditampilkan di menu peta apabila peta direname menjadi GMAPSUPP.IMG atau GMAPPROM.IMG. Demikian pula mungkin untuk receiver lain.

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

Daftar Alamat dan Link Geoportal dan GIS Portal Kementerian, Lembaga, Badan dan Pemerintah Daerah di Indonesia