Calculating Volume From A Raster Data, PCI Geomatica style

Menghitung volume dari sebuah data raster (misalnya DEM) biasanya memerlukan beberapa tahapan yang hmm sedikit ribet. Tapi di software PCI Geomatica tidak seperti itu. Dengan kemampuan Spatial Modeler EASI/PACE kalkulasi volume dari data raster dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini saya beri contoh kasus

Dirjen Sumberdaya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun sebuah bendungan di Trenggalek Jawa Timur dengan nama Bendungan Tugu. Daerah Genangan sudah dipetakan dan Pak Menteri ingin mengetahui volume genangan dari estimasi luasan genangan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan dan permasalahan tersebut, Badan Informasi Geospasial telah memberikan sebuah data DEM dari pemrosesan Citra SAR TerraSAR-X dengan resolusi spasial 8 meter. Lets Solve it in software PCI Geomatica!. Saya menggunakan PCI Geomatica versi tahun 2014. 


1. Pertama buka Geomatica Focus, dan munculkan layer DEM dan Polygon Genangan (Pastikan menggunakan cartesian coordinate system seperti UTM, world mercator, TM3 dll, jangan menggunakan geodetic coordinate system seperti Lintang bujur)


2, Buka Algoritm Librarian dari Menu Tools, kemudian cari tool POLY2BIT. Kita akan mengubah polygon genangan menjadi Masking Bitmap. Panggil kemudian set up input parameternya, contoh seperti gambar di bawah. (input adalah polygon genangan, dan bounding area di set ke polygon genangan juga).


3. Setelah diproses, kita akan mendapat masking bitmap seperti contoh di bawah ini. 


4, Untuk menghitung volume, kita kan menggunakan modul VLM di algoritm librarian, lokasinya ada di folder DEM Analysis. 


5. Panggil kemudian set up parameter input ke DEM dan mask area ke bitmap hasil operasi POLY2BIT. Kemudian di menu parameter atur juga parameter tambahan seperti resolusi spasial output, Elevation Step size dan Elevation Base for volume calculation. Elevation Step size adalah ukuran terkecil kenaikan/penurunan ketinggian di setiap piksel (untuk DEM TerraSAR/SRTM nilainya sebesar 1 meter). Elevation base for volume calculation menunjukkan ketinggian dasar dari genangan untuk menghitung volume (dari hasil pengamatan pada DEM, ketinggian terendah pada area genangan adalah 190 meter). Untuk report hasil kalkulasi, bisa ditampilkan dalam LOG, sebagai file TXT atau disimpan dalam file format PCI (PCIDISK), Pilih LOG untuk praktisnya. 



6. Berikut ini contoh hasil kalkulasi volume dalam satuan Kilometerkubik. 



Its so easy, mengenai penjelasan jenis2 volume, silahkan baca saja help-nya geomatica, mudah dipahami kok.


Cheers and See ya!. 


Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

Split By Attributes di ArcGIS