Menambahkan EGM 2008 Geoid file di Software Pathfinder Office untuk digunakan di Trimble GNSS Receiver

POSSIBLE F.A.Q 

Mengapa memakai geoid ?

ya untuk memperoleh Ketinggian MSL (Mean Sea Level) atau orthometric height yang akurat. Referensi elevasi di GPS adalah Ellipsoidal Height, dikenal dengan istilah HAE (Height above ellipsoid), lihat gambar di bawah ini. 



Sebenarnya konsep Mean Sea Level dan Tinggi Orthometrik agak sedikit berbeda, karena Mean sea Level didefinisikan secara relatif, tergantung zona pasut di setiap daerah, sedangkan tinggi orthometrik didefinisikan berdasarkan model gravitasi, tapi untuk kepentingan praktis dianggap sama. Lagipula memodelkan bentuk bumi (geoid) yang sebenarnya sulit dilakukan (jadi tetap saja dipakai pendekatan tertentu, yaitu earth gravitation model). 

Emang gede ngaruhnya ?

Ya gede, sebagian besar wilayah indonesia selisih elevasi antara MSL dan HAE (height above ellipsoid) datum WGS-84 bisa mencapai 80 meter. 



Kan di GNSS atau GPS receiver udah ada pilihan MSL ?

Ya, tapi MSL-nya mereferensi kemana ? selama ini kita tinggal memakai tanpa pernah berpikir apa ada sesuatu di baliknya, Kemungkinan besar MSL yang digunakan di GPS receiver mereferensi ke geoid model EGM96, sedangkan model itu sudah diupdate ke model EGM08, bahkan BIG sudah membuat SRGI2013 yang disitu ada model Geoid untuk indonesia juga. 

Lalu relevansinya apa dengan membedakan MSL dan HAE?

Ya kalau dalam penerapannya konsisten menggunakan referensi yang sama ya ndak ada masalah, Contoh ketidakkonsistenan misalnya, dalam pekerjaan orthorektifikasi citra, DEM yang digunakan menggunakan elevasi menurut MSL, sementara elevasi GPS sebagai sumber GCP/titik ikat menggunakan HAE. Ya kacau, 


Oke, kalau begitu caranya gimana ?

Kalau untuk Handheld navigasi aku belum tahu ^_^ , ntar kalau ada waktu biar dieksplore, yang ini untuk handheld mapping/geodetic produk trimble. 



Link Tutorial disini ya : LINK. (Thanks to GEOLINE Consulting, Trimble official documentation is poor)

Data Model Geoid nya disini, LINK.  (bisa milih versi resolusi 1 menit atau 2.5 menit) 

Kalau link tutorial di atas mati, ini aku buat backupnya




Kalau link data di atas mati? maen aja ke tempatku, hehe, 

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

Split By Attributes di ArcGIS