Cara Mengetahui Tahun Penerbitan dan Pembuatan Peta RBI Seluruh Indonesia

Mengidentifikasi Tahun Penerbitan dan Tahun Pembuatan Peta Rupabumi Indonesia (RBI) sangat mudah kalau kita punya peta cetaknya. Ya jelas, karena informasi tersebut tercantum di informasi tepi petanya. Dengan mengetahui tahun penerbitan dan pembuatan Peta RBI, kita jadi dapat mengetahui kapan Peta RBI terakhir di-update atau diperbaharui. Terlebih Peta RBI telah ditetapkan menjadi Informasi Geospasial Dasar (IGD) berdasarkan Undang - Undang Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial, sehingga Peta RBI menjadi acuan dan peta dasar dalam pembuatan peta tematik. 

Peta RBI sendiri selain diterbitkan dan dipublikasikan dalam bentuk Peta Cetak (format digital JPEG-nya saat ini juga telah tersedia di Portal Tanah Air Indonesia), juga dipublikasikan sebagai data spasial vektor yang dapat diunduh di dalam Portal Tanah Air Indonesia. Melalui publikasi dalam bentuk data spasial ini, Peta RBI dapat lebih mudah digunakan sebagai peta dasar atau IGD untuk mendukung penyusunan peta tematik tertentu, karena datanya langsung dapat dibuka dan diolah di dalam perangkat lunak atau Software GIS. 

Karena sudah berbentuk data spasial, terkadang informasi yang umumnya dituliskan di format cetak menjadi tidak ada atau tidak dilampirkan di Data Spasial Vektornya. Terlebih metadata spasial dari Peta RBI sendiri juga belum tersedia dalam satuan NLP (Nomor Lembar Peta). Salah satu informasi yang terkadang hilang/tidak muncul di data spasialnya adalah tahun penerbitan dan tahun pembuatan Peta RBI tadi, sehingga pengguna yang ingin menggunakan data RBi sebagai IGD menjadi tidak terinformasi mengenai status keterbaruan data RBI-nya. 

Untungnya BIG telah mempublikasikan indeks Peta RBI per NLP dalam berbagai skala. Di dalam indeks tersebut terdapat informasi tahun penerbitan dan tahun pembuatan peta RBI. Nah video tutorial di bawah ini menunjukkan cara untuk mengakses informasi tahun penerbitan dan tahun pembuatan Peta RBI sebagaimana kondisi terakhir yang ter-publish di Portal Tanah Air Indonesia. 

Semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

TUTORIAL ORTHOREKTIFIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI SEDANG (CITRA ASTER)

HAE (Height Above Ellipsoid) and MSL (Mean Sea Level) Conversion Using Pathfinder Office

ArcGIS Tile Package Conversion to Mbtiles using tpkutils (Basemap series part 1)